Selasa, 17 Maret 2015

Tips Anti Depresi Saat Kehilangan Pekerjaan

Kehilangan pekerjaan, baik itu diberhentikan secara sepihak atau mungkin karena perusahaan tempat Kamu bekerja mengalami kebangkrutan, memang tidaklah menyenangkan. Apapun alasannya, kehilangan pekerjaan bukanlah sebuah momen yang patut dirayakan. Terkejut, tidak bisa menerima dengan lapang dada, atau bahkan depresi lantas dapat menyerang Kamu. Pikiran Kamu langsung berkecamuk dengan bayangan masa depan yang memudar dan suram, belum lagi tumpukan tagihan yang juga akan segera menghantui Kamu. Menghadapi situasi seperti ini, Kamu tidak boleh diam saja dan meratapi kejatuhan tersebut berlarut-larut. Ada begitu banyak hal yang bisa Kamu lakukan untuk mengisi waktu sebelum Kamu merasa siap untuk kembali mendapatkan pekerjaan yang baru dan berjibaku dengan persaingan dunia kerja



Berikut ini adalah beberapa hal yang  layak dicoba untuk mengalihkan pikiranmu dari rasa depresi akibat kehilangan karir dan pekerjaan.

·         Saatnya Berkumpul !
Kapan terakhir kali Kamu bersenda gurau dengan keluarga, sahabat dan orang terdekat? Beragam kesibukan dan pekerjaan di kantor tentu saja menyita waktu yang tidak sedikit, sehingga sering kali keluarga dan sahabat menjadi terabaikan. Kini adalah saatnya untuk kembali menyapa mereka dan mengajak berkumpul bersama. Tidak perlu membuang uang terlalu banyak dengan bermewah-mewah di kafe atau tempat yang mahal, cukup undang saja ke rumah dan bersenang-senang. Jika Kamu merasa belum ingin menceritakan persoalan kehilangan pekerjaan tersebut, maka tidak perlu diceritakan dulu. Nikmati saja waktu bersantai dan kebersamaan kalian tanpa perlu merisaukan masalah yang sedang terjadi. Kamu akan merasa lebih relaks dan bersyukur bahwa masih ada teman-teman di kehidupan Kamu.

·        Jalan-Jalan Hemat
Tak perlu mengeluarkan kocek yang terlalu besar untuk menyenangkan diri sendiri saat berjalan-jalan. Kamu bisa menyempatkan diri untuk pergi refreshing ke Kebun Binatang Ragunan, bersepeda di sekeliling Monas, mencoba pemandian air panas, atau juga melepas penat di Pantai Ancol. Dengan berada di ketiga tempat tersebut, Kamu tidak akan melihat terlalu banyak orang-orang yang berseliweran dengan menggunakan pakaian kerja. Sedikit banyak, Kamu juga menjadi lebih tenang karena memiliki kegiatan di luar ruangan tanpa perlu mengingat-ingat kondisi pekerjaan Kamu saat itu. Tempat berjalan-jalan hemat lainnya seperti taman kota juga bisa menjadi pilihan, namun memang sebaiknya bukan pusat perbelanjaan atau mall, agar lebih santai.

·        Me Time
Tanpa adanya ikatan kerja yang biasanya menyita waktu Kamu (8 jam sehari, 5 hari dalam seminggu), kini Kamu jadi lebih leluasa mengatur hari bebas Kamu. Jika Kamu suka melukis, ini adalah saatnya memberikan ruang bagi jiwa seni Kamu untuk kembali berkobar. Bagi pecinta alam, mungkin ini juga merupakan waktu terbaik untuk menjelajah pegunungan yang sudah lama ingin Kamu daki. Beberapa tempat wisata seperti air terjun di Goa Pindul bisa juga menjadi alternatif alam lainnya – Tentunya dengan catatan Kamu juga perlu menentukan mau sampai kapan Anda ‘menenangkan diri’ dari masalah kehilangan pekerjaan.

·        Pembentukan & Kebugaran Tubuh
“Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat juga”, adalah sebuah ungkapan yang sudah tak asing lagi di telinga kita semua. Pilihlah jenis olahraga yang Kamu suka dan ingin lakukan. Lari pagi, seni bela diri, yoga atau fitness, semuanya bisa Anda coba kapan saja. Dengan memiliki kegiatan olahraga yang aktif, tubuh Kamu juga akan menjadi lebih sehat, dan nilai lebihnya tentu saja dapat memperbaiki bentuk tubuh. Jadi, ketika Kamu kembali melamar pekerjaan dan melakukan sesi wawancara, isi kepalamu sudah dipenuhi dengan ide-ide yang segar, serta tubuh yang lebih bugar.


Bagaimana? Tak perlu merasa depresi, bukan? Lakukan hal-hal positif yang selalu Kamu inginkan. Manfaatkan waktu luang yang Kamu miliki, dan ketika Kamu sudah merasa siap untuk kembali menghadapi kerasnya persaingan dunia kerja , maka Kamu sudah tahu pasti apa yang berikutnya harus Kamu lakukan. Good luck and take your time

0 komentar:

Posting Komentar