Senin, 09 Maret 2015

Perlukah Melakukan Negosiasi Gaji?


Mendapatkan sejumlah income atau gaji setiap bulannya adalah alasan orang untuk bekerja. Namun jika bicara mengenai gaji, tentunya harus memiliki kepekaan tersendiri karena hal ini memang cukup sensitif. Semua hal yang berkaitan dengan uang, terlebih lagi soal gaji, perlu diperhatikan sebaik mungkin, mengingat besarnya dampak dan pengaruh terhadap diri sendiri dan orang lain.

Jika kita melihat berbagai info seputar lowongan dan karir yang ada di beberapa media, tidak semua perusahaan mencantumkan salary atau gaji yang akan mereka berikan untuk posisi tertentu. Banyak dari perusahaan bahkan meminta kita sebagai jobseeker untuk menawarkan gaji yang kita inginkan. Tentunya kita sebagai pelamar kerja ingin mendapatkan gaji atau income yang cukup bukan? Kembalikan ke diri kita sendiri, apakah gaji yang kita harapkan sudah sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kita. Banyak juga perusahaan yang baru membicarakan gaji saat bertemu langsung dengan kita, yaitu saat interview.

Pada saat proses interview di suatu perusahaan, Anda akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan dari user maupun HRD untuk lebih mengenal diri Anda. Setelah sesi tanya jawab yang mereka ajukan selesai, Anda biasanya dipersilahkan untuk bertanya tentang profil perusahaan beserta job desc Anda. Pertanyaan umum yang dipertanyakan oleh jobseeker biasanya adalah seputar range gaji untuk posisi yang diinginkan. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan akan menerima pertanyaan tersebut pada awal sesi Anda bertanya? Hal tersebut akan memperlihatkan bahwa Anda adalah orang yang berorientasi hanya pada uang. Sebaiknya cobalah menelaah lebih jauh tentang job desc yang akan anda kerjakan dan latar belakang perusahaan. Baru jika keadaan sudah lebih mencair, Anda dapat menanyakan soal gaji dan benefit lain yang akan diberikan oleh perusahaan.

Jika angka gaji sudah diutarakan oleh user atau HRD, maka cobalah untuk tidak bereaksi berlebihan Baik itu reaksi senang maupun reaksi kurang puas. Terkadang kita sebagai jobseeker yang tengah kesulitan mendapatkan kerjaan, pastinya sangat senang bila mendapat penawaran dengan nominal gaji yang cukup besar. Namun perlu diingat, jangan memperlihatkan seolah Anda tergiur dengan banyaknya uang karena pada akhirnya gaji yang besar akan mendatangkan ke tanggung jawab pekerjaan yang besar juga. Maka usahakan untuk menyeimbangkan tanggung jawab dan gaji yang didapat. Namun jika gaji yang ditawarkan tidak sesuai dengan harapan Anda, maka jangan juga memperlihatkan wajah kekecewaan mendalam Anda. Cobalah untuk tetap tenang sambil menanyakan apakah ada tunjangan atau benefit lain yang akan Anda dapatkan, atau cobalah melakukan negosiasi gaji saat wawancara dengan pihak user atau HRD.

Saat kita sudah melewati beberapa tahap dan sampai dengan tahap negosiasi, disinilah perusahaan terkadang akan menilai Anda secara lebih mendalam –Di sini Anda perlu menilai diri sendiri, mulai dari pengalaman maupun kemampuan, yang lalu akan direpresentasikan ke dalam nominal angka. Jika nominal yang ditawarkan terlalu kecil, belum tentu perusahaan tersebut hanya mampu membayar dengan nominal tersebut. Beberapa perusahaan kerap kali menguji Anda dalam skill negosiasi. Jika Anda hanya menerima saja walaupun dirasa rendah, maka perusahaan akan dengan senang hati menerima Anda karena itu akan mengurangi budget pengeluaran perusahaan. Namun jika Anda percaya diri dengan kemampuan Anda, sangat dianjurkan menaikan angka gaji Anda.

Perlu diperhatikan saat Anda bernegoisasi. Hindarilah sikap kaku dan kurang fleksibel. Coba hitung kembali pengeluaran yang Anda keluarkan selama bekerja, lalu ajukan nominal yang dirasa pantas didapatkan, berdasarkan jumlah nominal yang ditawarkan oleh perusahaan. Lihat kembali bidang yang ditekuni dan latar belakang perusahaan. Terkadang masih banyak perusahaan yang belum dapat memberikan nilai besar. Maka jika Anda merasa kurang mendapatkan yang Anda inginkan, cobalah untuk mencoba ke perusahaan yang lebih besar. Lakukan negosiasi dengan sebijak mungkin, sehingga akan memberi kepuasan kepada kedua belah pihak. 

1 komentar:

  1. Menarik ulasannya. Oiya ngomongin gaji, saya nemu artikel informatif nih yang ngebahas tentang sederet hal yang kerap bikin gaji seseorang tanpa disadari jadi cepat habis. Cek di sini ya: Sering nggak disadari, 5 hal ini bikin gaji kamu cepat habis

    BalasHapus