Jumat, 23 Januari 2015

Ayo, Semangat Cari Kerja!

Pentingnya semangat dalam mencari kerjaBagi Anda yang belum mendapat pekerjaan ataupun ingin mencoba peruntungan karir di perusahaan lain tentunya akan terasa sangat berat mengingat ketatnya persaingan dunia kerja sekarang ini. Masyarakat berbondong-bondong ke kota besar untuk mendapatkan rezeki yang lebih baik. Serbuan para pelamar kerja atau jobseeker kian hari semakin banyak saja tanpa mengindahkan skill dan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing individu.


Namun dari sekian banyaknya calon pekerja yang ingin memiliki karir, masih banyak perusahaan yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan kandidat yang pas dan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga berujung pada banyaknya kebutuhan di dalam dunia kerja yang tidak tercapai –Terlihat dari masih banyaknya orang yang menganggur, serta posisi-posisi kosong di banyak perusahaan karena belum bertemu kandidat yang sesuai dan memenuhi standar.



Beberapa tips seputar dunia kerja berikut, mungkin akan membantu kamu dalam menggapai cita-citamu mendapatkan pekerjaan impian, yaitu:

  1. Ketekunan
Percayalah orang yang tekun dapat mengalahkan orang dengan IQ tinggi. Dengan ketekunan mengerjakan semua hal termasuk bekerja akan menemukan hasil yang diinginkan. Dimulai dengan bagun lebih pagi, berdoa, dan buat yang masih dalam tahap cari kerja dapat mulai membuka info lowongan dari berbagai sumber dan langsung apply ke lowongan yang sesuai. Bagi yang sudah ke tahap interview datanglah lebih pagi. Hal ini akan memperlihatkan ketekunan dan niat kamu dalam bekerja.


  1. Fokus Pada Tujuanmu
Jika impianmu belum tercapai saat ini, biasanya akan datang pikiran-pikiran galau yang menghantui –Hingga kadang sampai merasa putus asa. Jauhkanlah pikiran – pikiran tersebut dan tetap berpikir positif bahwa setiap manusia sudah punya rezekinya masing-masing jika kita tetap fokus pada apa yang menjadi tujuan hidup kita.


  1. Siapkan Lingkungan yang Mendukung
Tak hanya dari diri sendiri, lingkungan sekitar kita pun perlu mendukung niat kita untuk bekerja. Jangan malu menanyakan info lowongan yang kita inginkan kepada orang disekitar kita. Selain itu, siapkan segala kebutuhan kerja yang mendukung sejak dari rumah, seperti kalender, laptop/PC, dan telpon. Hal ini akan membantu kita fokus pada target kita dalam mencari pekerjaan.
  

  1. Menjaga Kesehatan
Walaupun sudah siap secara mental dan fokus dalam pencarian kerja, semua akan pecuma jika tidak diimbangi dengan menjaga kesehatan. Perhatikan kesehatan Anda, jangan sampai kondisi badan tidak fit, apalagi saat ada panggilan interview maupun saat hari pertama kerja. Hal ini akan memperlihatkan bahwa Anda kurang siap untuk melakukan pekerjaan. Makanlah banyak buah dan sayur serta istirahat yang cukup, karena tubuh yang sehat akan membawa kita ke pikiran yang sehat.


  1. Rapihkan CV dan Resume
Jika Anda sudah mengirimkan CV ke beberapa perusahan namun belum mendapat respon dalam jangka waktu yang sudah disepakati atau ditargetkan, coba cek kembali format serta tampilan CV Anda. Mungkin beberapa bagian perlu dirapihkan sehingga terlihat lebih menarik. Dianjurkan juga untuk minta pendapat kerabat dan orang-orang yang lebih berpengalaman mengenai penulisan CV dan resume Anda. Masukan ide dari mereka juga berguna demi kebaikan CV kamu. Referensi dari internet juga bisa kamu aplikasikan ke CV.


  1.  Nikmati Segala Proses yang Ada
Untuk menggapai impian setiap orang memiliki proses yang berbeda-beda. Umumnya kita akan merasakan dahulu sulitnya merangkak dari bawah. Dengan kita tidak mudah mengeluh dan menikmati setiap proses ini, beban yang dirasa akan lebih ringan dan saat kita sudah berada di puncak kejayaan nantinya, kita dapat mengenang saat-saat indah ketika menjalani proses hidup yang sudah Anda lewati.


  1. Mengembangkan Diri
Saat-saat pencarian kerja seperti ini adalah saat yang tepat bagi diri Anda untuk mengembangkan diri. Sehingga Anda tidak hanya terpaku dengan pencarian kerja semata, namun juga bisa melihat kemampuan diri sendiri –Sampai sebatas mana kemampuan dan usaha kita dalam mengejar cita-cita.


0 komentar:

Posting Komentar